Senin, 16 Mei 2011

Alat - Alat Pengukur Sudut Yang Dapat di Stel

Alat-alat pengukur sudut yg dapat di stel terdiri atas:
·           Protractor
·           Bevel protractor


1.        PROTRACTOR : merupkan busur derajat yang dilengkapi dengan mistar yang dapat di stel,digunakan untuk membuat garis gambar atau membuat sudut pada benda kerja dengan rentang 0-180 derjat.
Gambar Protractor

2.        BEVEL PROTRACTOR : bevel protractor berfungsi untuk memeriksa sudut dari hasil pekerjaan permesinan,membuat garis-garis gambar pada benda kerja yang akan dibentuk dengan sudut-sudut tertentu,atau dapat juga digunakan untuk memeriksa kerataan dari dua permukaan yang mempunyai sudut tertentu.



1
 
 


Gambar Bevel Protractor


Bagian-bagian bevel protractor  terdiri atas:
·           busur derajat 
·           rangka

Busur derajat
Busur derajat satu lingkaran penuh dipasang pada rangka.Pada busur derajat terdapat garis-garis skala ukur sudut dalam suatu derajat mulai dari 0-180 derjat.

Gambar Busur Derajat

 














2
 
 




Rangka
Rangka terbuat dari baja tuang pada rangka  ini terdapat busur derajat,mistar baja, dan blok dengan posisi yang dapat  diatur sesuai dengan posisi sudut yang diinginkan.
Rangka terdiri dari :
  • Mistar
  • Baut penyetel
  • Blok Ukur

Mistar
Mistar dipasang pada rangka dengan posisi dapat diatur, baik posisi sudutnya maupun jarak atau panjang terhadap benda ukur atau balok ukurnya.Yaitu dengan menyetel baut penyetel.

Baut penyetel
Baut penyetel digunakan untuk menyetel posisi sudut  busur derajat terhadap  mistar atau mengatur panjang mistar terhadap beda ukurnya.

Blok ukur
Rangka atau rumah dengan blok ukur dengan bagian bawwah berbentuk permukaan rata sebagai  blok untuk meletakkan bevel protractor pada permukaan benda yg akan diukur.

3
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar